Selasa, 12 Maret 2013

Prospek Kerja jurusan Biologi murni

Jadi, guru adalah salah satu lapangan kerja yang mungkin di rambah oleh seorang lulusan Biologi murni, dan untuk memudahkan urusan kedepannya kita harus mengambil akta. Namun saat ini program akta-4 sudah tidak berlaku lagi, jadi kalau jadi guru mungkin hanya di sekolah swasta atau honorer di daerah. Hubungan saya dengan teman-teman kuliah tetap terjaga, jadi saya juga tahu kemana persebaran mereka. Teman-teman saya inilah yang menjadi referensi saya, dimana seorang lulusan biologi dapat bekerja.
Guru - Beberapa orang teman saya banyak yang jadi guru, beberapa waktu lalu sebelum akta-4 ditutup mereka sempat mengambil program itu dan sekarang sudah bekerja sebagai guru (PNS) didaerah mereka masing-masing.
Pegawai Bank - Beberapa teman dan kakak kelas saya di jurusan Biologi saat ini sudah bekerja di bank, baik BUMN maupun swasta. Yang saya tahu dari mereka yang bekerja di bank, mereka adalah orang-orang yang rapi dalam catatan dan teliti. Kalau kita kurang teliti bisa berisiko berat saat bekerja di bank.
Peneliti - Dua orang teman saya ditawari untuk melakukan penelitian suatu bakteri pada ikan arwana, pada saat mereka akan mengerjakan tugas akhir mereka, karena mereka  menunjukkan kinerja yang baik saat penelitian mereka ditawari untuk bekerja  di perusahaan yang membiayai penelitian mereka. Jadilah mereka peneliti dalam  laboratorium di perusahaan tersebut. Selain mereka ada juga teman yang melamar di sebuah perusahaan peternakan dari Thailand, namun saya sendiri tidak tahu apakah sebagai peneliti atau di bagian lain.
Peneliti lapangan - Salah satu senior saya kini bekerja di salah satu taman nasional di Kalimantan Barat, bukan sebagai PNS, tetapi sebagai staff peneliti di salah satu LSM internasional yang area kerjanya di taman nasional tersebut. Banyak keuntungan yang didapatkannya dari pekerjaan ini, selain gaji yang tergolong tinggi, dia juga mendapatkan pengalaman dan jaringan yang sangat luas. Walaupun tidak semua LSM menawarkan gaji yang tinggi, namun pengalaman dan jaringan yang luas pasti sangat membantu di masa depan.
Dosen - Menjadi dosen mungkin adalah pilihan yang sangat menarik untuk seorang mahasiswa yang memang menggilai bidang kuliahnya, karena dosen memiliki kesempatan untuk mengembangkan ketertarikannya terhadap bidangnya. Selain itu menjadi dosen adalah suatu profesi yang memiliki prestise tersendiri. Karena status dosen menempatkan seseorang pada posisi sebagai seorang intelektual yang diakui. Soal gaji, sangat tergantung pada pribadi masing-masing orang. Dosen yang rajin mengajar dengan penelitian yang bermanfaat bisa jadi seorang dosen yang "luar biasa", tapi ada juga dosen yang pendapatannya besar karena "biasa di luar".
Pegawai Negeri - Sebelum melanjutkan kuliah saya sempat mengikuti test CPNS, berdasarkan daftar formasi yang diperlukan oleh pemerintah setempat, seingat saya hanya dibutuhkan dua orang untuk mengisi dua formasi dari sekian ribu CPNS yang dibutuhkan. Dari sini kita tahu, kans kita untuk menjadi PNS akan sangat kecil, selain itu juga perlu diingat bahwa "kita tinggal di Indonesia".
Wirausaha - Bidang biologi adalah bidang yang sangat luas, berbagai penelitian terkini dalam bidang biologi menunjukkan prospek yang sangat cerah  bagi mereka yang berani untuk bekerja keras secara mandiri. Contoh dari wirausaha ini misalnya usaha makanan dan minuman berbasis bioteknologi. Dalam praktikum saat kuliah dulu saya sempat mempraktekkan cara pembuatan VCO yang kini sudah sangat dikenal  memiliki banyak manfaat. Contoh lainnya misalnya pengolahan lidah buaya, nata de coco, dan masih banyak lainnya. Perlu diingat, Indonesia adalah salah satu negara megabiodiversity, masih banyak kekayaan alam hayati kita yang belum tereksplorasi secara optimal, ini adalah  suatu kesempatan yang sangat besar.
Selain bidang yang sesuai dengan jurusan, lulusan Biologi juga dapat bekerja di berbagai bidang lainnya. Teman saya bekerja di perusahaan  finance, outbond training, dan lain sebagainya. Apapun bidang yang kamu pilih pasti memiliki masa depan yang baik, yang menentukannya adalah komitmen kamu untuk melakukan yang terbaik saat kuliah sehingga kamu pantas untuk mendapatkan yang terbaik juga (Sedikit potongan dari Pak Mario Teguh). Semoga artikel ini bermanfaat.
 
Sumber : http://skalamahasiswa.blogspot.com/2012/05/lapangan-kerja-lulusan-mipa-biologi.html

0 komentar:

Posting Komentar