Jumat, 08 Maret 2013

Motivasi Belajar

 

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita
adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba
itulah kita menemukan dan belajar membangun
kesempatan untuk berhasil

Anda hanya dekat dengan mereka yang anda
sukai. Dan seringkali anda menghindari orang
yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah
Anda akan mengenal sudut pandang yang baru

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi
pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus
belajar, akan menjadi pemilik masa depan

Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi
pencapaian kecemerlangan hidup yang di
idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa
kesenangan adalah cara gembira menuju
kegagalan

Jangan menolak perubahan hanya karena anda
takut kehilangan yang telah dimiliki, karena
dengannya anda merendahkan nilai yang bisa
anda capai melalui perubahan itu

Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila
anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara
lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila
cara-cara anda baru

Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan.
Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap
anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong
bila sikap anda salah

Orang lanjut usia yang berorientasi pada
kesempatan adalah orang muda yang tidak
pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi
pada keamanan, telah menua sejak muda

Hanya orang takut yang bisa berani, karena
keberanian adalah melakukan sesuatu yang
ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan
punya kesempatan untuk bersikap berani

Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan
stress adalah kemampuan memilih pikiran yang
tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang
anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.

Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui
mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan
tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan
yang kemudian anda dapat

Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara
kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku
seperti orang yang terus memeras jerami untuk
mendapatkan santan

Bila anda belum menemkan pekerjaan yang sesuai
dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan
anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang
yang berbakat

Kita lebih menghormati orang miskin yang berani
daripada orang kaya yang penakut. Karena
sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa
depan yang akan mereka capai

Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita
ketahui, kapankah kita akan mendapat
pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum
kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan

Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin.
Dengan mencoba sesuatu yang tidak
mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik
dari yang mungkin anda capai.

Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup
adalah membiarkan pikiran yang cemerlang
menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang
mendahulukan istirahat sebelum lelah.

Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa
mengupayakan pelayanan yang terbaik.
Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang
baik, maka andalah yang akan dicari uang

Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita
mungkin menua dengan berjalanannya waktu,
tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus
mengubah diri kita sendiri

Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk
melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi
orang tua yang masih melakukan sesuatu yang
seharusnya dilakukan saat muda.

Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat
berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita
kaya, tetapi menggunakannya dengan baik
adalah sumber dari semua kekayaan

Tips Mengerjakan Soal Listening



Dalam bagian ini, terdapat 3 soal gambar hitam putih yang melukiskan fakta sehari hari. Satu atau dua gambar memperlihatkan kegiatan orang dan yang lain berupa objek benda. Kemudian anda akan diperdengarkan empat pernyataan ( a, b, c dan d )untuk masing masing gambar dan anda diminta memilih pernyataan yang paling akurat menggambarkan isi gambar tersebut. Ketika dibacakan “ direction “ , maka anda harus sudah melihat dan mencermati masing masing gambar, sehingga ketika dibacakan kalimat – kalimat masing – masing soal anda sudah punya modal pemahaman terhadap setiap gambar .
Ketrampilan yang diperlukan pada bagian ini adalah:
1. Kemampuan menangkap dan mengenterprestasikan gambar dengan cepat.
2. Kemampuan memahami pernyataan lisan dan membandingkan dengan apa yang dilihat dalam gambar.
3. Kemampuan membedakan antara kata kata dengan bunyi – bunyi yang hampir sama.

Taktik yang diperlukan
1. Selalu menandai jawaban anda secepat anda dapat sehinga anda segera dapat melihat gambar berikutnya. Anda tidak harus menunggu pembaca soal ( speaker ) untuk melihat gambar berikutnya.
2. Jika anda melihat gambar suatu benda, tanyakan pada diri anda hal hal sbb :
• Ini benda apa?
• Di mana biasanya benda ini ada / dilihat?
• Benda tersebut terbuat dari apa?
3. Jika anda melihat kegiatan orang , tanyakan pada diri anda hal hal sbb :
• Apa yang sedang mereka lakukan?
• Apa yang mereka pakai?
• Di mana mereka melakukan kegiatan tersebut?
• Bagaimana ekspresi wajahnya?
Jika terdapat lebih dari satu orang, apa yang membedakan mereka?, Apakah yang satu lebih tinggi dari yang lain ?, Apakah yang satu memakai topi, jaket, dasi sementara yang lain tidak? Apakah dia laki – laki atau perempuan?
4. Jangan pernah menjawab sebelum keempat pernyataan selesai dibaca semua.Ketika penyataan dibaca, letakkan ujung pencil pada jawaban A, jika anda pikir itu jawaban yang paling tepat. Lakukan hal yang sama untuk ( B ), ( C), atau ( D ). Jika anda berubah pikiran setelah mendengar lebih banyak pilihan, pindahkan ujung pencil anda ke jawaban pengganti. Kemudian setelah anda mendengar keempat kalimat, hitamkan jawaban di mana ujung pensil anda berada. Teknik ini menghindarkan anda dari kelupaan pada jawaban mana yang anda anggap paling tepat.
5. Cobalah untuk mengurangi kemungkinan jawaban salah dengan teknik pembeda bunyi ( sound confusion ) dan pembeda makna. Beberapa kalimat sama sekali tak ada kaitannya dengan gambar.
6. Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong. Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu jawaban yang benar, berspekulasilah.
7. Jangan terpancang memandangi photo terlalu lama ,walau gambarnya seorang gadis yang sangat cantik, atau pria yang berwajah tampan, setelah menemukan jawaban yang benar segera pindah ke gambar pada soal berikutnya.
SHORT QUESTIONS
Pada bagian ini, dibacakan pertanyaan dan diikuti tiga pilihan jawaban. Pertanyaan maupun jawaban tidak ditulis dalam soal. Jadi tidak ada sesuatu dalam soal kecuali perintah “ Mark your answer in your answer sheet “, sehingga ini betul – betul tes listening yang sesungguhnya. Maka ketika mengerjakan bagian ini, naskah soal di kesampingkan saja dulu.
Seorang pembaca naskah ( speaker) mengenalkan soal dengan membaca nomor soal, kemudian speaker kedua (bisa laki – laki atau perempuan) membacakan naskah soal dan speaker ke tiga laki laki membacakan pilihan jawabannya. Sehingga urutannya :
Suara Pria : membaca nomor soal
Suara wanita : membaca soal
Suara Pria : membaca pilihan jawaban
Atau
Suara wanita : membaca nomor soal
Suara pria : membaca soal
Suara wanita : membaca pilihan jawaban
Ada dua jenis kalimat pertanyaan, yaitu Yes no question dan information question ( wh question ).
Yes no question, sesuai dengan namanya kalimat pertanyaan ini dapat dijawab dengan yes atau no. Tentu, jawaban bisa ”Maybe” atau “ I don’t know” atau yang semacam. Dalam kenyataan dalam test, jawaban yang benar jarang yang merupakan bentuk singkat seperti “ Yes. I do “ atau “ No. He was not “. Dalam tes TOEIC , pertanyaan bentuk yes no question ini jumlahnya berkisar 30 %.
Information question atau WH Question, menanyakan informasi tertentu yang kalimatnya dimulai dengan kata tanya , misal :
Who Who took this picture ?
Whose Whose apartement is this ?
When Whe does the sales meeting start ?
Where Where is your dress ?
Why Why did you call her ?
Which Which of these shoes do you like better ?
What What are you doing now ?
What time is it ?
How How did you get job ?
How many persons will you invite ?
Jumlah soal wh question ini kerang lebih 40 %.
Other types of questions
Sekitar 30 % pertanyaan yang anda dengar di bagian ini bukan bentuk yes no question maupun information question, tetapi merupakan bentuk – bentuk seperti berikut :
Alternative question* Which do you prefer, coffee or tea ?
Did you wear your black suit or you blue one to theinterview ?
Indirect question Can you tell me if this is the City Hall Building ?
Do you know where these files should be stored ?
Tag question That wasn’t too difficult, was it ?
You have a master’s degree, don’t you ?
This is your camera, right ?
Negative question : Don’t you want this story ?
Hasn’t he finished the report yet ?
Wasn’t that a delicious meal ?
*) Jawaban untuk alternative question biasanya nama dari salah satu alternative yang ada,
misal :
“ Coffee, please “ kopi saja
“ I’d prefer tea “ Saya lebih suka teh
“ Either one “ Salah satu saja, terserah
“ Neither one, thank “ Nggak usah lah
“ Both, please “ Keduanya
tetapi jawaban Yes atau No bukan jawaban yang tepat untuk jenis pertanyaan ini.
“ Function “ questions
Beberapa pertanyaan di bagian ini merupakan fungsi bahasa tertentu. Fungsi in meliputi membuat saran (suggestion ), penawaran ( offer ), permintaan ( request ) dan melakukan undangan ( giving invitation ). Banyak dari jenis function question ini yes no question tapi beberapa merupakan tipe lain.
Suggestion
Why don’t you try using this tool ?
Shouldn’t we take a taxi ?
Have you ever thought of opening your own business ?
Offers
May I get you something to drink ?
Would you like me to take you to the airport ?
Request
Would you step over here for a moment, Mr. David ?
Could you look over this letter before I send it ?
Invitation
Woul you care to play tennis Saturday ?
Do you want to join us for lunch ?
Dan Lain – lain.
Ketrampilan yang diperlukan pada bagian ini :
1. Kemampuan membedakan jenis – jenis pertanyaan secara lisan ( information question, yes no question, alternative question, suggestion offers dan lain – lain )
2. Kemampuan mengenal respon sesuai dengan tipe pertanyaannya.
3. Kemampuan membedakan kata-kata yang bunyinya hampir sama.
Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini :
1. Karena tidak ada teks soal maupun jawaban pada lembar soal, maka pusatkan perhatian pada suara dari tape recorder / CD player.
2. Cobalah untuk mengidentifikasi jenis pertanyaan. Respon yang benar biasanya tergantung pada jenis pertanyaan yang ditanyakan.
3. Jangan pernah menjawab sebelum keempat pernyataan selesai dibaca semua.Ketika penyataan dibaca, letakkan ujung pencil pada jawaban A, jika anda pikir itu jawaban yng paling tepat. Lakukan hal yang sama untuk ( B ), atau ( C). Jika anda berubah pikiran setelah mendangar lebih banyak pilihan, pindahkan ujung pencil anda ke jawaban pengganti. Kemudian setelah anda mendangar ketiga respon, hitamkan jawaban dimana ujung pensil anda berada. Teknik ini menghindarkan anda dari kelupaan pada jawaban mana yang anda anggap paling tepat.
4. Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong. Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu jawaban yang benar, berspekulasilah.
SHORT DIALOGUE
Dalam test bagian ini, anda diuji kemampuan pamahaman dialog singkat dalam Bahasa Inggris antara dua orang. Format dari dialog ini dapat digambarkan sebagai berikut :
Man : “ Kalimat …….. “
Woman : “ Kalimat …….. “
Man : “ Kalimat …….. “
atau
Woman : “ Kalimat …….. “
Man : “ Kalimat …….. “
Woman : “ Kalimat …….. “
Di lembar soal terdapat satu pertanyaan setiap dialog dengan empat ( 4 ) pilihan jawaban ; a , b, c dan d
yang harus anda jawab berdasar isi dialog tersebut.
Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini :
1. Ketika dibacakan “ direction “ , maka anda harus sudah membaca dan mencermati pertanyaan soal pertama dan keempat pilihan jawabannya, sehingga ketika dibacakan dialog anda sudah punya modal pemahaman terhadap apa yang akan ditanyakan .
2. Setiap dialog akan dibacakan dua kali, usahakan anda dapat menjawab pada saat dialog selesai dibaca yang pertama, sehingga ketika dialog dibaca untuk yang kedua kalinya, anda bisa membaca pertanyaan soal berikutnya beserta keempat pilihan jawabannya. Begitu seterusnya.
3. Tentukan kata tanya yang dipakai, apa yang ditanyakan, apakah , what, who, when, why, where, how, how long dll. Dengan mengetahui apa yang ditanyakan, anda bisa memfokuskan dalam mencari informasi dari dialog tersebut.
4. Cobalah untuk membayangkan, setting dari dialog tersebut. Hal ini akan membantu anda dalam membuat suatu analisa mengenai siapa yang sedang berdialog, di mana mereka, apa yang sedang mereka kerjakan dan apa hubungan mereka.
5. Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong. Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu jawaban yang benar, berspekulasilah.
SHORT TALKS
Dalam bagian ini akan disajikan beberapa short talk atau monolog ( pembicaraan pendek) secara monolog. Setiap short talk diikuti dua atau tiga pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang anda dengar. Short talk atau monolog ini dapat berupa advertisment ( iklan ), announcement ( pengumuman ), telepon massage, briffing di tempat kerja dan sebagainya.
Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini :
1. Ketika dibacakan “ direction “ , maka anda harus sudah membaca dan mencermati pertanyaan soal soa yang bersangkutan dengan short talk tersebut dan keempat pilihan jawabannya, sehingga ketika dibacakan monolog anda sudah punya modal pemahaman terhadap apa yang akan ditanyakan .
2. Setiap monolog akan dibacakan dua kali, usahakan anda dapat menjawab pada saat monolog selesai dibaca yang pertama, sehingga ketika monolog dibaca untuk yang kedua kalinya, anda bisa membaca pertanyaan soal untuk monolog berikutnya beserta keempat pilihan jawabannya. Begitu seterusnya.
3. Tentukan kata tanya yang dipakai, apa yang ditanyakan, apakah , what, who, when, why, where, how, how long dll. Dengan mengetahui apa yang ditanyakan, anda bisa memfokuskan dalam mencari informasi dari monolog tersebut.
4. Cobalah untuk membayangkan, setting dari monolog tersebut. Hal ini akan membantu anda dalam membuat suatu analisa mengenai siapa yang sedang berbicara, di mana monolog itu dibacakan, untuk siapa monolog itu ditujukan dan untuk keperluan apa .
5. Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong. Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu jawaban yang benar, berspekulasilah.

Sumber : http://englishsmkn2wng.wordpress.com/2012/10/19/53/

XII IA 4 OF CASELLO 2013













PROSPEK KERJA TEKNIK INDUSTRI



Seorang alumni Teknik Industri memiliki prospek kerja yang sangat luas, beberapa diantaranya adalah:
  • Bidang produksi/ operasi dan penjaminan mutu
    • Lulusan TI sangat dibutuhkan khususnya untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, pengembangan sistem manajemen kualitas. Hampir semua perusahaan membutuhkan ini, khususnya perusahaan manufaktur seperti Toyota Astra Motor, PT Rekayasa Industri, PT Krakatau Steel, dll.
  • Bidang sistem informasi
    • Posisi yang biasanya diduduki lulusan TI misalnya staf IT, staf dalam pemasangan sistem informasi, bahkan banyak alumni yang membuka usaha di bidang software house. Perusahaan yang membutuhkan lulusan TI misalnya: SAP Indonesia, Oracle Telekomsel, Pertamina, P&G, dll.
  • Bidang pemasaran
    • Beberapa posisi yang biasanya ditempati oleh lulusan TI misalnya market research, technical sales, dll. Misalnya di perusahaan P&G, Unilever, Nestle, Astra, dll.
  • Bidang logistik
    • Perencanaan dan pengelolaan sistem distribusi merupakan bidang yang mulai banyak dimasuki oleh lulusan TI seperti di P&G, PT Semen Gresik, dll.
  • Bidang manajemen sumber daya manusia
    • Pengelolaan sumber daya manusia mulai dari masalah rekruitmen, pengembangan sistem penggajian dan manajemen personalia termasuk pengembangan SDM dalam pelatihan. Alumni TI yang bekerja di bidang ini misalnya di PT Semen Padang, P&G, dll.
  • Bidang keuangan (bank dan asuransi)
    • Misalnya BNI, Bank Mandiri, Bank Niaga, dsb.
  • Bidang konsultasi manajemen
    • Misalnya Boston Consulting Group, Accenture, Nielsen Company, dsb.
Sumber : http://usm.itb.ac.id/Prodi/134.htm

Download soal UM UGM 2007

Berikut Kumpulan Soal UM UGM Tahun 2007 yang dapat di download sebagai salah satu alternatif belajar dan membiasakan diri mengerjakan model soal ujian UM UGM tahun sebelumnya.
Semoga sukses!