Advertisement

Latest News

Prospek Kerja farmasi

By Abdurrohman Afief - Selasa, 12 Maret 2013

Farmasi adalah ilmu yang mempelajari cara penyediaan bahan aktif menjadi bentuk tertentu (meracik) hingga siap digunakan sebagai obat yang digunakan untuk menjaga kondisi tubuh manusia agar tetap dalam kondisi optimal. Sediaan farmasi dapat berupa obat, bahan obat, obat tradisional, kosmetika, vitamin, sabun, shampoo, dan lain sebagainya.
 
Dalam bidang farmasi, ilmu yang dipelajari berupa ilmu untuk membuat sediaan farmasi yang baik (Farmasetika, Bioteknologi Farmasi, Teknologi Sediaan Padat, Analisis Sediaan Farmasi, dll). Tidak sekedar itu, farmasi juga mempelajari ilmu yang berkaitan dengan tubuh manusia baik anatomi, fisiologi, patofisiologi, dll seperti ilmu biomedik, biologi sel dan molekuler, biokimia, patobiokimia, dll. Beberapa ilmu lain yang dipelajari antara lain farmakologi, farmasi fisika, mikrobiologi, dll.
Prospek kerja:
Seorang lulusan farmasi dapat bekerja di berbagai bidang antara lain: (1) instansi pemerintah seperti Dinas Kesehatan, Departemen Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan; (2) Bidang layanan kesehatan seperti rumah sakit, apotek, klinik, Puskesmas, dll; (3) Bidang industri obat-obatan dan produk biologi seperti Kalbe Farma, Mead Johnson, Bayer, dll; (4) Bidang industri makanan seperti Nestle, Wingsfood, Indofood, Orang Tua Group, dll; (5) Bidang industri kosmetik seperti Martha Tilaar, Mustika Ratu, dll; (6) Bidang industri perbekalan rumah tangga dan kesehatan seperti Unilever, P&G, dll; (7) Bidang industri jamu dan obat tradisional seperti Air mancur, Jamu, Jago, Sido Muncul, Nyonya Meneer, dll; (8) Bidang riset dan pendidikan seperti perguruan tinggi dan lembaga penelitian; dan (9) bidang perdagangan seperti menjadi penjamin mutu standar keamanan, kualitas obat-obatan, dan alat kesehatan.
 
Sumber : http://nurulfajrymaulida.blogspot.com/2012/11/ilmu-farmasi-dan-prospek-kerja.html

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Prospek Kerja farmasi"

Leave a Reply

Advertisement