Rabu, 05 Juni 2013

News Item

 

News Item Text

News Item Text meripakan salah satu genre teks yang sangat vital karena sering muncul baik dalam ujian maupun persiapan ujian. Dan untuk lebih memahami News Item, berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai News Item Text – Penjelasan dan Contoh.

Pengertian News Item
News Item Text adalah salah satu genre teks dalam bahasa inggris yang penulisannya bertujuan untuk menginformasikan tentang suatu kejadian yang secara faktual sedang terjadi, artinya kejadian tersebut baru saja terjadi atau sudah lama terjadi tetapi masih hangat dibicarakan. Latar belakang kajiannya yang melulu tentang “recently-things” membuat News Item lebih dikenal sebagai Teks Berita.

Bahasa yang digunakan dalam penulisan teks yang bersiat News Item Text adalah bahasa formal yang sesuai dengan ejaan yang dibakukan, lebih lugas serta lebih berbau ilmiah. Tidak diperkenankan menggunakan kata yang secara semantic memiliki makna ambigu, karena tujuan penulisan teks ini hanyalah untuk menginformasikan kejadian-kejadian tertentu bukan untuk menghibur pembaca dengan aestetika penulisannya.


Contoh News Item Text
Untuk lebih memahami espek-aspek apa saja yang terkandung dalam News Item Text, alangkah baiknya jika kalian menyimak contoh paragraph yang bersivat News Item Text di bawah ini :


 #Contoh News Item Text 1 :

Town ‘Contaminated
Newsworthy
Events Moscow – A Russian journalist has uncovered evidence of another Soviet nuclear catastrophe, which
killed 10 sailors and contaminated an entire town.

Background Events
Yelena Vazrshavskya is the first journalist to speak to people who witnessed the explosion of a nuclear submarine at the naval base of shkotovo – 22 near Vladivostock. The accident, which occurred 13 months before the Chernobyl disaster, spread radioactive fall-out over the base and nearby town, but was covered up by officials of the Soviet Union. Residents were told the explosion in the reactor of the Victor-class submarine during a refit SMA Students’ Modul of English 24 had been a ‘thermal’ and not a nuclear explosion. And those involved in the clean up operation to remove more than 600 tones of contaminated material were sworn to secrecy.

Sources
A board of investigators was later to describe it as the worst accident in the history of the Soviet Navy.

0 komentar:

Posting Komentar